Minggu, 18 Maret 2012

Budaya Korea di Indonesia

bu
Korea. Jika saya menyebutkan nama negara tersebut apa yang kalian pikirkan? Lagu-lagu Korea? Band atau musisi Korea? Artis Korea? Film Korea? Atau reality shownya? Pasti sudah banyak imajinasi-imajinasi kalian tentang Korea dan sesuatu yang berkaitan dengannya. Memang, saat sekarang baru buming-bumingnya lagu-lagu ataupun film-film Korea, khususnya di negara kita yang tercinta ini, Indonesia.
      Demam Korea sangat cepat mewabah di berbagai wilayah dan kalangan di negara ini. Mulai dari perkotaan sampai ke desa-desa yang terpencil sekalipun, tak ketinggalan pula,fans lagu-lagu atau film Korea mulai dari anak kecil, para remaja, dan orang tua laki-laki ataupun perempuan.
      Banyak sekali boys atau girls band Korea yang bermunculan misalnya, Rain, Super Junior, SNSD dan masih banyak lagi. Tapi apa kalian tau mengenai Sm*Sh atau 7 icons? Ya, tepat sekali, jika itu adalah boys atau girls band Indonesia. Saat ini memang banyak artis-artis Indonesia yang berpenampilan atau berkarya seperti boys/girls band Korea, mereka cenderung mengikuti aliran musik sekarang dan menyesuaikan dengan keinginan yang baru disukai oleh masyarakat. Yah, ini sesuai dengan salah satu ungkapan bahwa salah satu fungsi musik adalah untuk niai komersial.
      Tak jarang juga di Indonesia banyak di gelar acara-acara yang berkaitan dengan Korea, beberapa konser dengan bintang Korea pasti akan menghebohkan panggung Indonesia, tak sedikit orang yang memburu tiketnya, meski dengan harga yang menguras kantong, bagi mereka tak apa kehilangan uang sampai berjuta-juta asalkan mereka dapat melihat atau menonton langsung bintang idola mereka.
      Sangat mengesankan ya? Tapi apa yang membuat mereka khususnya masyarakat Indonesia sangat tertarik dan mengidolakan tokoh-tokoh Korea? Apa karena mereka memang cantik/tampan? Apa mungkin dari karya musiknya yang mengesannkan?
      Tapi menurut saya pribadi, mereka pandai dalam memikat hati para penonton atau pendengarnya. Cara mereka dalam berpenampilan, bergaya, semua yang memberi kesan menariknya, apalagi di tambah dengan dance yang memang koreografinya sangat rapi, kompak dan mengesankan, itu membuat orang ingin mengikuti gaya seperti mereka.
      Apa lagi jika kita membicarakan drama film Korea, yang terkenal romancenya dan biasannya di ikuti dengan bumbu komedi. Itu sangat menarik dan membuat penontonnya ketagihan dan selalu ingin melihat kelanjutan filmnya. Apa kalian tau film, Full House? He is Beautiful? Atau BBF ( Boys Before Flowers)? Ya mungkin itu film yang tergolong sudah lama tayang. Tetapi ceritanya tak mudah hilang dari ingatan kita, yang memang film itu sudah seperti memberikan cap atau ciri khas masing-masing.
      Tetapi apa ini membawa lebih banyak pengaruh positif atau negatif? Suka dengan sesuatu hal merupakan hak setiap orang yang memang tak bisa kita larang. Tapi jadikanlah era ini menjadi era yang jauh lebih bermakna. Boleh kita mengagumi karya bangsa lain, yang mungkin kita akui mereka lebih kreatif dari pada kita. Tetapi jadikanlah ini sebagai lahan untuk meningkatkan kualitas musik di Indonesia, sehingga kita bangga akan karya music sendiri, dan menjadi negara yang dapat menyambut positif aliran-aliran music atau film, yang baik dan membangun serta mengingkatkan kualitas negri ini.

oleh Dinda Hardiyanti

2 komentar:

B L U E D E V I L S mengatakan...

K-POP'ers to za , haha

raesa_ajip Office mengatakan...

ora dab,,
kui sek gawe artikel dudu aku, hehe

Posting Komentar