Senin, 02 April 2012

Servisan Pertamaku

Motherboard V8568 VER 2.0 ini adalah mobo yang lumayan sudah tua yang pertamakali saya terima dari clien saya. Meskipun tiada kerusakan yang berarti tapi ini membuat saya semangat untuk mempelajari kerusakandan masalah  apa saja yang terdapat pada komputer. Motherboard dengan sepesifikasi 256MB RAM, 40GB HDD, dan peosesor Intel Pentium yang sangat lambat karena banyak sekali virus didalam systemnya. Komputer ini menggunakan Windows XP sebagai system oprasinya.

Untuk mengatasi masalah pada komputer tersebut saya menggunakan cara yang gampang, yaitu dengan mengiistal ulang komputer tersebut. Langkah-langkah yang saya lakukan sebagai berikut :
  1. Mengecek aplikasi apa saja yang ada di komputer tersebut
  2. Mengecek data apa saja yang penting yang ada di drive C dan memindahlannya kedalam drive lain ( D atau E)
  3. Setting frist booting pada BIOS (CD ROOM) karena saya akan menginstal menggunakan CD installer
  4. Memulai proses installasi System Oprasi
  5. Setelah installasi selesai dan masuk pada windows, saya install AntiVirus updatean terbaru
  6. Scan semua drive yang ada denga antivirus yang sudah kita instal
  7. Cek hardware yang belum terdeteksi oleh SO
Lha masalah ahir ada di sini, ternyata sound, video game controller belum terscan oleh SO. Lalu saya coba untuk download drivernya dan ternyata tidak ada yang cocok. Setelah saya cek lagi agar gimana caranya sound, video game controller bisa aktif, ternyata saya menginstall mengunakan installer Windows XP SP2 dan setelah saya ganti dengan Windows SP3 semua hardware terdeteksi sehingga tidak usah bingung-bingung lagi masalah driver. hehe
dan saya ulangi installasi dari awal lagi.
Sekian hehe

0 komentar:

Posting Komentar